10 Destinasi Wisata Eksotis di Pulau Sumba

by Admin

Tuesday, 5 May 2020

Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini terkenal akan daerah perbukitannya yang luas dan indah. Pulau yang memiliki panorama alam yang luar biasa ini juga dilengkapi dengan pantai-pantai cantik berpasir putih, pemandangan laut spektakuler, formasi batu-batu ikonik serta danau-danau dengan perairan sebening kristal.

Berikut adalah beberapa tempat yang bisa Anda eksplorasi di sana.


1. Tanjung Mareha

Tanjung Mareha.jpg

Tanjung Mareha adalah tebing-tebing pinggir laut yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Di tanjung ini, wisatawan dapat menyaksikan keindahan Pantai Watu Maladong dan Pantai Bwana. Tanjung Mareha juga merupakan area favorit untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.


2. Pantai Bwana

Pantai Bwana.jpg

Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah adanya batu karang unik yang berbentuk gawang sepak bola. Batu karang ikonik ini dijuluki dengan berbagai nama oleh penduduk setempat seperti batu bolong, batu gawang dan sebagainya. Pemandangan laut biru dan hamparan pasir putih juga merupakan salah satu keunggulan dari pantai ini.


3. Danau Waekuri

Danau Waekuri.jpg

Danau Waekuri merupakan salah danau terindah di Sumba. Airnya yang jernih membuat danau ini menjadi tempat favorit untuk berenang. Danau air asin ini juga dikelilingi oleh formasi batu karang yang indah.


4. Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu.jpg

Air terjun setinggi 90 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Barat. Air terjun bertingkat-tingkat ini juga dikabarkan pernah menjadi lokasi syuting film Pendekar Tongkat Emas yang dirilis pada tahun 2014. Berenang di kolam tempat air terjun ini mengalir juga merupakan salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan di sana.


5. Bukit Wairinding

Bukit Wairinding.jpg

Bukit Wairinding merupakan kawasan perbukitan yang ditutupi dengan hamparan rumput yang mempesona. Pada musim kemarau, bukit di sana akan berwarna kuning sedangkan pada musim penghujan bukit ini menawarkan pemandangan hijau menyegarkan. Bukit ini juga merupakan tempat bermain anak-anak lokal setempat.


6. Kampung Praijing

Kampung Praijing.jpg

Kampung adat ini terletak di Desa Tebara, Kabupaten Sumba Barat. Di kampung ini terdapat 38 rumah adat khas Sumba yang ikonik. Di dalam rumah-rumah adat ini pun masih bisa ditemukan batu-batu megalitik. Suasana pedesaan yang tentram serta area persawahan yang luas merupakan beberapa daya tarik dari kampung ini.


7. Pantai Watu Maladong

Pantai Watu Maladong.jpg

Salah satu pantai terindah di Sumba. Batu-batu karang raksasa dengan bentuk-bentuk unik merupakan salah satu daya tarik pantai ini. Dikelilingi oleh tebing-tebing batu karang, kawasan pantai ini juga merupakan tempat ideal untuk panjat tebing.


8. Savana Puru Kambera

Savana Puru Kambera.jpg

Savana Puru kambera merupakan salah satu tempat favorit untuk liburan di musim kemarau. Pasalnya, pada musim kemarau, para wisatawan dapat melihat sekawanan kuda liar yang sedang merumput dengan asyiknya di sana. Indahnya pemandangan padang rumput yang kuning pada saat musim kemarau dan hijau pada musim hujan juga merupakan daya tarik dari savana yang terletak di Sumba Timur ini.


9. Pantai Pero

Pantai Pero.jpg

Pantai yang berada di Desa Pero Kodi ini terkenal sebagai tempat pelabuhan kapal-kapal nelayan. Ombak lautnya yang besar menjadikan pantai ini menjadi tempat favorit untuk surfing. Wisatawan juga bisa memesan langsung ikan-ikan hasil tangkapan nelayan atau sekedar menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenamnya yang menakjubkan.


10. Bukit Tanarara

Bukit Tanarara.jpg

Bukit Tanarara merupakan salah satu bukit indah yang berada di Sumba Timur. Daerah perbukitan hijau dan kekuningan ini sering dijadikan latar belakang foto yang cantik. Wisatawan bisa menyusuri savana luas ini dengan kendaraan roda empat atau pun roda dua.