8 Area Wisata Terbaik di Turki

by Admin

Tuesday, 28 January 2020

8 Area Wisata Terbaik di Turki

Turki sering dianggap sebagai wilayah penghubung sekaligus pemisah benua Asia dan Eropa. Sebagian wilayah Turki berada di benua Asia sebagian lagi berada di Eropa. Letak geografisnya yang unik inilah yang membuat negara ini kaya akan sejarah dan budaya yang beragam. Mulai dari reruntuhan Romawi kuno, gereja Ortodoks Yunani, sampai gedung-gedung megah warisan kesultanan Ottoman bisa Anda temukan di negara ini.

Begitu banyak area maupun objek wisata menakjubkan yang bisa Anda kunjungi di Turki, berikut 8 diantaranya.

1. Ephesus

Ephesus.jpg

Kota arkeologi yang sudah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia ini terletak di Provinsi İzmir. Saat berada di Ephesus, Anda akan seperti kembali ke era Kekaisaran Romawi. Di sana banyak sekali monumen maupun reruntuhan Romawi kuno yang menakjubkan seperti Kuil Artemis, Library of Celsus, Great Theater dan lain-lain

2. Cappadocia

Cappadocia.jpg

Cappadocia adalah kawasan historis yang berada di Anatolia. Kawasan ini terkenal akan formasi bebatuannya yang unik, yang menyerupai kerucut dan cerobong asap. Karena itulah Cappadocia sering juga dijuluki sebagai “cerobong Feri”. Selain formasi bebatuan yang epik, di sana juga terdapat kota-kota bawah tanah serta rumah maupun gereja yang diukir dari batu dengan lukisan-lukisan dinding yang artistik. Naik balon udara merupakan salah satu cara terbaik menikmati keindahan kawasan ini.

3. Hagia Sophia

Hagia Sophia.jpg

Gedung megah yang dibangun pada tahun 537 M ini sangat populer karena kubah besarnya yang impresif. Sebelum menjadi museum, Hagia Sophia awalnya adalah gereja Ortodoks Yunani yang kemudian berubah menjadi masjid di bawah Kesultanan Ottoman. Gedung yang sudah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO ini berubah menjadi museum pada tahun 1935 di bawah perintah Mustafa Kemal Atatürk, presiden Turki saat itu.

4. Pamukkale

Pamukkale.jpg

Pamukkale merupakan area wisata yang sangat populer di Turki. Kawasan ini terkenal akan teras batu travertine yang putih bersih dan air mineral karbonat yang jernih. Di sana juga terdapat reruntuhan kota Romawi Hierapolis yang sangat mengagumkan. Pamukkale sendiri dalam bahasa Turki memiliki makna “Kastil Kapas”.

5. Topkapi Palace

Topkapi Palace.jpg

Topkapi Palace telah digunakan sebagai istana resmi Kesultanan Ottoman selama lebih dari 400 tahun. Istana yang sudah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO ini terdiri dari ratusan ruangan dan kamar, beberapa diantaranya bisa diakses publik termasuk Ottoman Imperial Harem yang banyak mengundang perhatian dunia. Pada tahun 1924, istana ini dialih fungsikan menjadi sebuah museum. Di sana ditampilkan beberapa baju-baju khas Ottoman, manuskrip tua, peralatan militer dan banyak lagi.

6. Bursa

Bursa.jpg

Bursa, salah satu kota terbesar di Turki ini pernah menjabat sebagai ibukota Kesultanan Ottoman. Di kota ini terdapat masjid-masjid megah warisan Kesultanan Ottoman seperti Grand Mosque, Green Mosque dan lain-lain. Bazaar (pasar tradisional), museum dan Taman Nasional Uludağ juga merupakan daya tarik Kota Bursa yang telah mengundang banyak perhatian dari wisatawan lokal dan mancanegara.

7. Pantai Patara

Pantai Patara.jpg

Salah satu pantai paling mempesona di Turki. Pantai sepanjang 17 kilometer ini terkenal akan hamparan pasirnya yang indah dan sepi. Jadi, jika Anda ingin menikmati keindahan laut seraya menyepi dari keramaian maka Pantai Patara ini adalah tempat paling sempurna untuk Anda.

8. Gunung Nemrut

Gunung Nemrut.jpg

Gunung setinggi 2.134 meter ini terkenal akan puncaknya yang dipenuhi oleh patung-patung raksasa. Banyak yang mengatakan bahwa puncak gunung Nemrut ini adalah area pemakaman kerajaan pada abad pertama Sebelum Masehi. Patung-patung besar yang berada di sana diantaranya Raja Antiochus I Theos, dua singa, dua elang dan berbagai dewa Yunani seperti Zeus, Hercules, Tyche, dan Apollo.