9 Objek Wisata Terpopuler di Kepulauan Derawan

by Admin

Tuesday, 5 May 2020

Gugusan pulau yang terletak di Kalimantan Timur ini terkenal akan keindahan pantai dan panorama lautnya yang spektakuler. Tidak lupa perairannya yang sebening kristal serta keragaman biota lautnya yang menakjubkan membuat Kepulauan Derawan menjadi tempat sempurna untuk menyelam atau pun snorkeling. Begitu banyak objek wisata yang bisa Anda eksplorasi di kepulauan ini, berikut 9 diantaranya.


1. Labuan Cermin

Labuan Cermin.jpg

Labuan Cermin adalah danau sedalam 5 meter yang memiliki perairan super bening bagaikan cermin. Karena itulah dinamakan Labuan Cermin. Keunikan lain dari danau ini adalah airnya yang memiliki dua rasa yaitu asin di bagian permuakaannya dan tawar di bagian dasarnya. Dikelilingi pepohonan hijau dan rimbun, pemandangan dan suasana di danau ini begitu sejuk, indah dan menyegarkan.


2. Pulau Manimbora (Pulau Spongebob)

Pulau Manimbora.jpg

Meskipun berukuran kecil, Pulau Manibora ini memiliki pemandangan laut dan pantai pasir putih yang luar biasa indah. Pulau ini sering dijuluki Pulau Spongebob karena bentuk pulaunya yang mirip pulau Bikini Bottom di serial kartun Spongebob. Uniknya lagi, di pulau tak berpenghuni ini sering ditemukan tengkorak dan tulang belulang manusia. Kabarnya, pulau ini memang digunakan oleh suku Bajo sebagai tempat pemakaman warga mereka yang meninggal.


3. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban.jpg

Pulau seluas 774.2 hektar ini merupakan salah satu pulau utama yang berada di Kepulauan Derawan. Pulau ini juga memiliki danau unik yang airnya terdiri dari campuran air hujan dan rembesan air laut. Di danau tersebut juga hidup ubur-ubur tidak menyengat yang memiliki warna merah, putih dan keunguan.


4. Laguna Kehe Daing

Laguna Kehe Daing.jpg

Laguna yang berada di Pulau kakaban ini jarang terjamah wisatawan karena letaknya yang lumayan tersembunyi yakni dibelakang sebuah tebing tinggi yang cukup sulit diakses. Laguna Kehe Daing juga dikenal dengan sebutan Goa ikan atau Lubang Ikan oleh nelayan setempat. Laguna ini memang luar biasa indah dengan perairan jernih biru toskanya. Di sekitar laguna ini juga terdapat hutan belantara yang masih asri.


5. Gua Halo Tabung

Gua Halo Tabung.jpg

Dikenal juga dengan nama Goa Haji Mangku, gua yang berada di Pulau Maratua ini merupakan pintu masuk sebuah danau kebiru-biruan yang jernih dan indah. Dijuluki Goa Haji Mangku karena kabarnya gua ini ditemukan oleh seseorang bernama Haji Mangku. Saat menyusuri pintu gua berair ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan menakjubkan dan juga sedikit menyeramkan. Tetapi di situlah keunikannya.


6. Pulau Maratua

Pulau Maratua.jpg

Pulau Maratua adalah salah satu pulau utama yang berada di Kepulauan Derawan. Pulau ini memiliki pemandangan laut biru yang eksotis serta pantai pasir putih nan bersih. Kehidupan bawah lautnya pun tak kalah spektakuler dengan terumbu karang warna-warni serta ratusan ubur-ubur yang mengagumkan.


7. Gusung Sanggalau

Gusung Sanggalau.jpg

Gusung Sanggalau adalah pulau pasir yang hanya muncul saat air laut sedang surut dan tenggelam saat air laut sedang pasang. Pulau yang tak berpenghuni ini merupakan salah satu tempat favorit untuk berfoto-foto mengingat pemandangan yang ditampilkan di sana begitu mempesona. Perairan laut biru toska terlihat serasi dengan hamparan pasir putihnya yang indah.


8. Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki.jpg

Pulau yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Berau ini memiliki luas sebesar 15 hektar. Pulau Sangalaki terkenal sebagai tempat konservasi penyu termasuk jenis penyu langka yang terancam punah. Pulau ini juga memiliki taman laut indah di mana di sana hidup ikan Pari Manta, ikan laut yang berbentuk seperti layang-layang dengan lebar rata-rata 5-7 meter.


9. Talisayan

Talisayan.jpg

Talisayan adalah sebuah perairan di Kabupaten Berau yang terkenal sebagai habitat hiu paus, ikan terbesar di dunia. Hiu paus memiliki panjang rata-rata 18-22 meter dan berat sekitar 20 ton. Meski besar, hiu paus ini merupakan hewan jinak, karena itulah wisatawan pun diizinkan untuk berenang mendekati hewan langka yang dilindungi ini.