Jelajahi Pesona Alam Indonesia di Pulau Belitung

by Admin

Tuesday, 5 May 2020

Salah satu pantai terindah di Belitung. Selain hamparan pasirnya yang putih serta perairan lautnya yang jernih, pantai ini terkenal dengan formasi batuan granitnya yang ikonik. Di pantai ini juga banyak restoran yang menawarkan menu-menu lokal yang lezat.


- Pulau Leebong

Pulau Leebong.jpg

Pulau ini terkenal akan hutan bakaunya yang mempesona. Perairan super jernih serta hamparan pasir pantainya yang putih juga menjadi karakteristik pulau seluas kira-kira 37 hektar ini. Di dalam pulau terdapat beberapa rumah pohon unik yang terbuat dari kayu dan beratapkan alang-alang.


- Danau Kaolin

Danau Kaolin.jpg

Salah satu danau terindah di Belitung. Danau ini memiliki perairan berwarna biru dengan daratan berwarna putih bersih. Danau ini dulunya adalah area penggalian kaolin—tanah liat yang biasa digunakan untuk membuat porselen atau bahan campuran tenun, kertas dan lain-lain. Sekarang telah berubah menjadi danau cantik yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.


- Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata.jpg

Museum Andrea Hirata pertama kali dibuka ke publik pada tahun 2012. Di dalam museum ini, pengunjung dapat melihat beberapa foto Andrea Hirata dengan kata-kata inspriratif beserta novel-novel karyanya. Di sana juga terdapat beberapa ruang yang diberi nama menurut tokoh-tokoh Laskar Pelangi. Ada Ruang Ikal, Ruang Lintang dan Ruang Mahar.


- Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi.jpg

Pantai ini terkenal sebagai lokasi syuting film terkenal, "Laskar Pelangi " yang dirilis pada tahun 2008. Berenang, menyelam, snorkeling adalah beberapa kegiatan favorit dilakukan di sana. Formasi batu-batu granitnya yang besar-besar juga sering dijadikan latar keren untuk berfoto-foto.


- SD Laskar Pelangi

SD Laskar Pelangi.jpg

SD Laskar Pelangi ini merupakan replika SD Muhammadiyah Gantung yang dibangun untuk kebutuhan syuting Film Laskar Pelangi. SD Muhammadiyah Gantung sendiri adalah sekolah dasar tempat penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata menuntut ilmu. Kesuksesan film Laskar Pelangi telah membuat sekolah ini menjadi salah satu objek wisata terpopuler di Belitung.


- Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas.jpg

Sama dengan pulau-pulau lainnya di Belitung, Pulau Lengkuas juga memiliki hamparan pasir yang putih, perairan sebening kristal dan bebatuan granit yang ikonik. Namun yang membuat pulau ini istimewa adalah terdapatnya mercusuar setinggi 70 meter yang dibangun pada tahun 1882. Dan kabar baiknya, wisatawan juga diizinkan untuk masuk ke dalam mercusuar peninggalan zaman Belanda ini.


- Pulau Burung

Pulau Burung.jpg

Pulau ini dinamakan Pulau Burung karena di tepi pantai pulau ini terdapat formasi batu granit raksasa yang menyerupai paruh burung. Bentuknya yang ikonik inilah yang menyebabkan batu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk berfoto-foto.


- Pulau Pasir

Pulau Pasir.jpg

Dikenal juga dengan nama Gusong, pulau pasir ini hanya muncul saat air laut sedang surut. Saat air sedang pasang pulau ini akan tenggelam. Seperti namanya, pulau kecil ini berupa hamparan pasir putih yang indah.