Situs Arkeologi Paling Mengesankan di Mesir

by Admin

Friday, 17 January 2020

Bagi mereka yang senang menjelajah tempat-tempat kuno dan bersejarah, Mesir selalu menjadi pilihan paling favorit. Sebagai salah satu rumah bagi lahirnya peradaban awal, Mesir memang menawarkan banyak situs-situs arkeologi yang akan membawa Anda kembali ke masa ribuan tahun silam. Berikut adalah 5 situs arkeologi paling mengesankan di Mesir.


- Karnak

Karnak.jpg

Karnak adalah kompleks kuil kuno yang berada di tepi Sungai Nil di dekat Kota Luxor. Kompleks seluas 100 hektar ini dulunya dinamakan Ipet-isut yang memiliki arti “Tempat Paling Terpilih”. Hampir sebagian besar kuil di sana didedikasikan untuk Amun-Ra, dewa utama dalam mitologi Mesir kuno. Pembangunan Karnak sendiri dimulai sekitar 4000 tahun lalu dan terus berlanjut hingga ke era di mana orang-orang Romawi mengambil alih Mesir sekitar 2000 tahun lalu.


- Giza Necropolis

Giza Necropolis.jpg

Di sebuah Dataran Tinggi Giza, 9 kilometer dari Sungai Nil, terdapat sebuah kompleks piramida kuno yang disebut Giza Necropolis. Tiga piramida utama di kompleks ini adalah Piramida Besar Giza, Piramida Khafre, dan Piramida Menkaure. Di sana juga terdapat monumen Sphinx yang sangat fenomenal. Hingga saat ini, Piramida Besar Giza merupakan piramida tertua di dunia yang masih ada sampai sekarang. Piramida ini juga terdaftar sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.


- Valley of The King

Valley of The King.jpg

Valley of the King adalah sebuah lembah di tepi barat Sungai Nil di mana raja-raja Firaun dan bangsawan dari abad 16 sampai 11 Sebelum Masehi dimakamkan. Hingga saat ini di sana telah ditemukan lebih dari 63 kuburan batu yang sangat menakjubkan. Pada tahun 1979, Valley of The King telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.


- Abu Simbel

Abu Simbel, Mesir.jpg

Abu Simbel adalah situs kuno paling terkenal di Mesir. Terletak di tepi barat Sungai Nil, di sana terdapat dua kuil kuno yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Ramses II, sekitar tahun 1279–1300-an SM. Fitur paling menarik Abu Simbel adalah Empat patung Ramses yang terletak di depan kuil utama.


- Kuil Hatshepsut

Kuil Hatshepsut.jpg

Seperti namanya, Kuil Hatshepsut adalah kuil yang didedikasikan untuk Hatshepsut, seorang Ratu Firaun dari Dinasti Mesir Ke-18. Terletak di tepi barat Sungai Nil, Kuil Hatshepsut tampak memukau dengan kolom-kolom berhiaskan ukiran-ukiran kuno dan hieroglif.